Cara Partisi SD Card Android Dengan Mini Tool Partition Wizard

Seiring dengan bertambahnya usia blog Android Gratis ini, maka untuk meramaikan dan menarik pengunjung saya akan menambahkan satu kategori baru bernama Tutorial tentunya selain kategori yang sudah ada selain download game Android, download aplikasi Android dan download tema Android, dari namanya tentu pengunjung bisa tahu isi dari kategori tersebut, nah sebagai langkah awal tutorial pertama saya ini berjudul cara partisi SD Card Android atau cara membuat partisi SD Card ponsel Android anda.

Apakah partisi itu? secara sederhana partisi ini artinya penyekatan atau pembagian kapasitas SD Card kita, misalnya apabila kita memiliki SD Card dengan kapasitas 4GB kita bisa menyekatnya atau membaginya menjadi dua atau lebih, bisa setengah-setengah ataupun lebih, lalu apa kegunaan pembagian partisi ini? dengan adanya pembagian partisi maka salah satu keuntungan yang kita dapatkan kita bisa mengatur data sesuai dengan fungsinya, misal untuk partisi pertama kita khususkan untuk system berupa aplikasi, game dan lain sebagainya sedangkan untuk partisi kedua kita khususkan untuk data/file sekunder saja misal document, foto, lagu, video dan lain sebagainya.

Saat ini begitu banyak software partisi yang bisa kita gunakan salah satunya adalah Mini Tool Partition Wizard, aslinya software partisi ini dikhususkan untuk mempartisi hardisk komputer namun dalam penggunaannya bisa kita gunakan untuk mempartisi memori eksternal Android kita. Adapun langkah-langkah atau cara membuat partisi SD Card Android sebagai berikut :
  • Copot atau lepaskan memori eksternal SD Card dari ponsel Android anda.
  • Gunakan Card Reader untuk menghubungkan SD Card dengan komputer yang telah terinstall sofware Mini Tool Partition Wizard, bagi yang belum memiliki silahkan unduh terlebih dahulu disini.
  • Apabila sudah terkoneksi dan terdetek SD Card anda oleh komputer, jalankan Mini Tool Partition Wizard, [Penting !!! : pastikan anda telah membackup seluruh data dari SD Card anda karena proses pembagian partisi ini akan menghilangkan seluruh data yang ada dalam SD Card tersebut].
  • Setelah Mini Tool Partition Wizard terbuka langkah selanjutnya klik kanan di SD Card anda dan pilih delete, sehingga kondisi SD Card menjadi unallocated.
  • Mari kita bagi partisinya dengan cara klik Create Partition, anggap SD Card kita kapasitasnya 4 GB dan akan kita bagi 2 dengan pembagian: 2,5GB untuk primer (system) dan 1,5GB untuk Logical (data), pastikan di baris Create As terisi Primary, baris File System terisi FAT32, dan baris Partition Size terisi angka 1.500 MB (1.500 MB = 1,5 GB) lalu OK.
  • Setelah berhasil membuat partisi pertama kita lanjutkan membuat partisi kedua, langkah awalnya sama dengan cara klik Create Partition, baris Create As terisi Logical, baris File System terisi Ext2, kolom Cluster Size terisi 4 kb dan baris Partition Size terisi angka 2.500 MB (2.500 MB = 1,5 GB).
  • Setelah pembagian partisi selesai langkah terakhir adalah cukup apply saja, dan tunggu proses pembagian selesai.
Gimana gampang bukan? bagi yang masih bingung, silahkan intip video cara partisi SD Card Android dengan Mini Tool Partition Wizard dibawah ini :



Demikianlah ulasan singkat mengenai langkah-langkah cara membuat partisi SD Card Android atau cara partisi SD Card dengan Mini Tool Partition Wizard, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host